10 Klub Terkaya Di Liga 1 Indonesia-Sepak bola adalah salah satu olahraga paling bergengsi dan diminati di Indonesia bahkan dunia. Dengan demikian para pemain dari olahraga yang satu ini tidak hanya populer layaknya artis. Melainkan kan juga begitu tajir layaknya para sultan +62.

Selain itu para klub-klub yang membawahinya tentu memiliki harta yang tidak sedikit. Lalu Klup mana sajakah yang memiliki kekayaan fantastis. Berikut 10 Klup Terakaya Di Liga 1 Indonesia.

Klub Terkaya Di Liga 1 Indonesia

klub terkaya di Liga 1 Indonesia kita mulai dari peringkat yang ke-10 terlebih dahulu.

10. Persebaya

Persebaya Surabaya memiliki kekayaan 69,5 1 milyar rupiah. Salah satu klub legendaris di Indonesia yang turut serta sebagai pendiri PSSI Persebaya Surabaya klub yang berasal dari kota pahlawan ini
lahir pada tahun 1927.

Persebaya Surabaya cukup berprestasi di Indonesia. Namun, semenjak era 2000an prestasi Bajul Ijo
sering naik dan turun. Kini di era Liga 1 Persebaya mulai bangkit dan konsisten di tengah presiden atau ditangani presiden klub Asrul Ananda Persebaya Surabaya menjelma jadi klub yang sehat secara
finansial nggak pernah nunggak gaji dan lain-lain.

Persebaya Surabaya punya prinsip tidak mau jujuran Datangkan pemain jika melebihi pendapatan Klup mereka. Persebaya punya target IPO atau melantai di bursa saham pada tahun 2027 nanti. Tentu syarat Ipo adalah memiliki aset kekayaan senilai 100 Milyar.

Meskipun musim ini mengandalkan skuad muda Persebaya Surabaya punya total kekayaan berupa aset Squad senilai 69 milyar rupiah.

9. PSS Sleman

Peringkat ke-9 ada PSS Sleman 69,53 milyar rupiah. Super Elja julukan PSS Sleman sebenarnya bukanlah klub yang memiliki prestasi mentereng di Indonesia. Klub yang berkandang di Maguwoharjo ini hanya pernah juara di kasta kedua saat promosi tahu 2018.

PSS Sleman memiliki suporter yang sangat terkenal kelompok suporter tersebut disebut Brigata Curva
Sud atau PCS. PCS menunjukkan koreografi menarik saat mendukung PSS Sleman. klub yang kini dilatih oleh Seto nurdiantoro ini cukup kaya setelah musim ini memiliki aset berupa Squad senilai 69 milyar rupiah.

8. PSIS Semarang

Nomor 8 PSIS Semarang 76,48 milyar rupiah. klub asal ibukota Jawa Tengah PSIS Semarang musim ini sangat mengejutkan dengan berani jor-joran mendatangkan pemain mahal semacam Taisei Marukawa, Alie Sesay, hingga Carlos Fortes.

PSIS Semarang dikuasai oleh Yoyok sukawi dan Junianto seorang pengusaha asal Surabaya. Mereka tidak berpikir dua kali untuk mendatangkan pemain top demi capai target level Asia musim ini.

Secara prestasi PSIS terbilang sudah sangat lama tidak juara liga Indonesia. PSIS terakhir juara pada tahun 1999 di kasta teratas. PSIS kini di era Liga 1 menjelma menjadi salah satu klub Sultan dengan aset kekayaan berupa pemain senilai 76 milyar rupiah.

7. Persis Solo

Nomor 7 ada Persis Solo 76,65 milyar rupiah. Persis Solo Baru saja promosi dari liga 2 ke Liga 1 sama seperti Persebaya Persis Solo adalah salah satu pendiri PSSI dan menjadi klub yang cukup berprestasi di era perserikatan.

Persis pernah juara sampai tujuh kali saat itu. Namun, di era modern prestasi Persis Solo merosot drastis dan cukup lama berkutat di Liga 2 Indonesia. Setelah diakuisisi oleh Putra presiden Kaesang Persis Solo kembali bangkit menjadi salah satu klub paling kaya di Indonesia.

Persis Solo mendatangkan beberapa pemain bintang hingga akhirnya mampu promosi ke Liga 1. Sudah di Liga 1 Ambisi Persis Solo masih sama, mereka harus atau haus akan juara hingga tak ragu mendatangkan pemain mahal hingga total kekayaan berupa aset pemain senilai 76,65 milyar rupiah

6. BhAYANGKARA. FC

nomor 6 bhayangkara.fc 79,43 milyar rupiah. Bhayangkara football club adalah sebuah tim sepak bola Indonesia yang dimiliki oleh Polri klub ini bermain di Liga 1 tentunya.

Klup ini memegang rekor sebagai klub dengan pergantian nama yang terbanyak di Indonesia. Semuanya karena dualisme yang pernah terjadi antara klub ini dengan klub Persebaya Surabaya pada rentang waktu 2010-2016

Sumber dana Bhayangkara.fc adalah badan usaha Korlantas Polri. Sementara Club Indonesia lainnya biasanya berbentuk PT atau milik swasta Oleh sebab itu bhayangkara.fc selalu tak kekurangan dana untuk mendatangkan pemain berlabel timnas atau pemain asing yang mahal.

Meskipun pernah juara liga 1 2017. Namun, belum mendapatkan sporter dengan jumlah yang banyak. Nah musim ini Bhayangkara masih menjadi klub terkaya di Indonesia dengan nilai aset Squad mencapai 79,43 milyar Rupiah.

5. Arema. FC

Nomor 5 arema.fc 79,96 milyar rupiah. Arema Singo Edan menjadi salah satu klub terbaik di Indonesia sejak era Galatama. Klub yang identik dengan predikat rajanya turnamen ini juga pernah juara liga Indonesia loh tepatnya pada tahun 2010 yang lalu.

Arema didirikan pada tanggal 11 agustus 1987. Sebagai Arema Malang pada tahun 2009. Arema berganti menjadi Arema Indonesia pada tahun 2013. Arema Indonesia berganti nama menjadi Arema Cronos setelah diakuisisi oleh grup Bakrie pada tahun 2017. Arema Cronus berubah menjadi arema.fc hingga
sekarang.

Selama berlaga di Liga 1 Arema bermarkas di stadion kanjuruhan kabupaten Malang di stadion Gajayana kota Malang juga. Arema juga memiliki basis suporter yang cukup besar bersama Persebaya Surabaya, Persib Bandung, dan juga Persija.

kelompok suporter Arema disebut Aremania dan saat ini presiden Arema adalah salah satu sultan di Indonesia yakni juragan99 yang memiliki banyak sektor jenis usaha mulai dari kendaraan hingga kosmetik di Tahun 2022 ini.

Arema.fc baru saja juara Piala Presiden sebagai salah satu klub bermental juara dan selalu bersaing di papan atas Liga. Arema memiliki aset berupa Squad senilai 79,96 milyar rupiah.

4. Borneo. FC

nomor 4 borneo.fc 81,00 milyar rupiah. Borneo FC adalah klub sepakbola Indonesia yang berasal dari Samarinda Kalimantan Timur Indonesia.

Pada awal berdirinya klub ini bermain di divisi utama Liga Indonesia 2014 setelah mengakuisisi klub Persiba super Bangkalan pada 19 Mar 2014 menggantikan Persisam Samarinda sebagai klub asal Samarinda yang berkompetisi di kasta teratas di Indonesia ya saat itu pindah ke Bali pada tahun 2015.

Mereka berlaga di Indonesia Super League yang berstatus sebagai klub promosi setelah berhasil keluar sebagai juara divisi utama Liga Indonesia pada tahun 2014 setelah mengalahkan Persiwa Wamena di partai final.

Setelah itu Borneo belum menjuarai kompetisi teratas di Indonesia Meskipun dikenal sebagai klub papan tengah atau klub medioker. Nyatanya borneo.fc ini adalah salah satu klub kaya dengan aset pemain mencapai 81 milyar rupiah.

3. Bali United

Nomor 3 ada Bali United 86,82 milyar rupiah. Bali United adalah klub sepakbola ptrofesional Indonesia yang bermarkas di Stadion Kapten I Wayan Dipta Kabupaten Gianyar provinsi Bali Indonesia

Club Ini dulunya bernama persatuan sepakbola Indonesia Samarinda atau Persisam yang merupakan ekstein perserikatan dan Putra Samarinda dari Galatama. Pada 15 Februari 2015 Putra Samarinda diambilalih pengusaha asal Indonesia Pieter tanuri setelah sebelumnya mengalami kesulitan finansial hingga akhirnya berpindah kadang ke Bali dan mengubah namanya menjadi Bali United FC.

Tak Butuh waktu lama Bali United langsung berprestasi prestasi terbaik tentu back-to-back juara liga 1 Indonesia. Pesona Bali United yang juara tentu membuat masyarakat Bali tergiur untuk mendukungnya ramai-ramai. Pada tanggal 17 Jun 2019 belas Bali United menjadi klub pertama yang memiliki saham Go pubblik di Asia Tenggara dan kedua di Asia musim ini.

Musim ini pemain Bali United mencapai 86 milyar rupiah.

2. Persip Bandung

nomor 2 Persib Bandung 91,17 milyar rupiah. Persib adalah klub sepakbola Indonesia yang berdiri pada 14 Mar 1933 berbasis di Bandung Jawa Barat. Julukan mereka yaitu Maung Bandung atau Pangeran biru.

Sejak zaman perserikatan permainan Persib Bandung mempunyai ciri khas tersendiri yaitu dalam bahasa Sunda TikTu yaitu permainan kaki ke kaki mengandalkan kreativitas dan kecepatan penyerangan

Persib sudah tujuh kali juara di kasta tertinggi terakhir kali Liga Indonesia 2014. Nah yang unik Persib belum pernah juara liga jika format kompetisi itu berbentuk Liga. Persib hanya bisa juara jika kompetisinya berbentuk turnamen.

Persib ini salah satu klub terkaya di Indonesia Saking kayanya Persib atau mereka bisa mendatangkan Siapa saja pemain yang mereka inginkan. Persib ini dimiliki oleh orang-orang yang the real Sultan di Indonesia seperti Glen Sugita selaku direktur utama, Teddy Tjahjono sebagai Direktur, Zainuri Hasyim Komisaris Utama, Rudy s sebagai wakil Komisaris Utama, H.Umuh Muchtar Komisaris 1, Kuswara S.Taryono Komisaris 2, Lawrence Bakri sebagai Komisaris 3.

Musim ini Persib memiliki aset pemain seharga 91,17 milyar rupiah.

1. Persija Jakarta

Nomor satu ada Persija Jakarta 114,81 miliar. Persija Jakarta Macan Kemayoran Persija merupakan salah satu klub sepakbola paling sukses di sejarah sepak bola Indonesia. Dengan torehan dua kali juara liga domestik dan sembilan kali juara turnamen perserikatan hingga sejauh ini.

Persija didirikan pada 28 Nov 1928 tepat sebulan setelah Sumpah Pemuda dengan cikal bakal bernama Football Indonesia Jakarta atau FIJ. FIJ merupakan salah satu klub yang ikut mendirikan persatuan sepakbola seluruh Indonesia atau PSSI.

Persija Jakarta musim ini mendatangkan pelatih dan pemain level Eropa dilatih Thomas Dual mantan pelatih Borussia Dortmund hingga pemain Mca Mikel kemricik Hano bachrens dan lain-lain. Mungkin tim lain tak mampu menggaji pemain tersebut tapi tidak dengan Persija sumber kekayaan Persija adalah dari Nirwan Bakrie.

Nirwan Bakrie mengelola Persija Jakarta sepenuhnya Klub Macan Kemayoran ini diketahui dimiliki oleh PT Persija Jaya Jakarta. Nirwan Bakrie yang dikenal dengan Gayanya yang tidak terlibat langsung dalam manajemen Persija. Dari pengalaman sebelumnya Nirwan selalu menuju sejumlah orang kepercayaannya untuk mengelola sebuah klub.

Nirwan Bakrie merupakan saudara kandung Aburizal Bakrie. Nirwan Bakrie merupakan saudara kandung Aburizal Bakrie Nirwana Bakrie tercatat sebagai co-chairman atau wakil di grup Bakrie atau kelompok Bakrie.

Grup ini merupakan pengendali beberapa perusahaan di sektor komersial atau lintas sektor Banyak deh pokoknya Oh ya berdasarkan kekayaan aset berupa skuad Persija Jakarta ini memiliki nilai 114 miliar loh superkaya ya

Nah itulah artikel tentang 10 Klub Terkaya Di Liga 1 Indonesia. Trimakasih sudah membaca.

Categories: General

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *